KUSTA ADA OBATNYA

15 Jul

Pelatihan Penanggulangan Penyakit Kusta (P3K) yang saya ikuti pada 10-12 Juli kemarin banyak sekali memberikan pencerahan tentang penyakit kusta. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Kusta Indonesia (YKI) dan gerakan Pramuka IAIN Sunan Ampel Surabaya yang dilaksanakan di Gedung Search Acces Center (SAC) Kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya selama 2 hari, dan pada hari ke tiga dilanjutkan dengan terjun langsung ke Rumah Sakit Kusta Sumberglagah Mojokerto sekaligus bersilaturahmi ke penduduk Sumberglagah yang sebagian besar adalah mantan penderita kusta dari berbagai daerah.
Selama ini masyarakat luas beranggapan bahwa kusta adalah penyakit yang mudah menular. Tidak sedikit  kasus orang yang dibuang oleh keluarganya karena menderita kusta, apalagi jika telah mengalami kecacatan karena keterlambatan penemuan penyakit maupun pengobatan.
Indonesia adalah Negara terbanyak ke tiga penderita kustanya setelah Brazil dan India. Dan Jawa Timur adalah daerah terbanyak penderita kustanya di Indonesia. Berikut peta penyebarannya pada tahun 2008 :

Picture1Kusta adalah penyakit menular, menahun yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Leprae. Bakteri ini akan sangat mudah berkembang di lingkungan yang tidak bersih dan sanitasi yang kurang baik. Bakteri ini menyerang kulit, saraf tepi, dan jaringan lain pada  manusia sehingga terjadi semacam penebalan pada kulit dan bisa menyebabkan kecacatan. Jenis penyakit ini ada dua macam yaitu kusta basah (Pausibasiler) dan kusta Kering (Multybasiler). Dua jenis ini disebabkan oleh bakteri yang sama. Tinggi rendanya kekebalan tubuh manusialah yang menentukan seseorang tersebut terserang kusta jenis apa. Seseorang yang terkena kusta kering bisa meningkat menjadi kusta basah apabila daya tahan tubuhnya semakin melemah dan tidak segera dilakukan pengobatan.
Gejala awal penyakit kusta yaitu ditandai dengan adanya bercak putih seperti panu atau bercak merah seperti kadas pada kulit yang tidak gatal, tidak mengeluarkan keringat, tidak ditumbuhi bulu, dan mati rasa atau kurang rasa bila disentuh.

Bercak putih seperti panu yang tidak gatal dan mati rasa
Bercak putih seperti panu yang tidak gatal dan mati rasa
Bercak putih seperti kadas yang tidak gatal dan mati rasa
Bercak putih seperti kadas yang tidak gatal dan mati rasa

Cara penularan penyakit ini yaitu melalui kontak erat dalam waktu yang lama baik melalui kulit ataupun saluran pernapasan. Dan sumber penularannya adalah dari penderita kusta basah yang tidak atau belum diobati, artinya jika penderita telah atau sedang menjalani proses pengobatan maka sangat kecil kemungkinan kusta bisa menular. Di sisi lain kusta memang tidak mudah menular karena 95% dari sebuah populasi mempunyai kekebalan alamiah terhadap penyakit kusta sehingga tidak dapat tertular, 3% dari populasi bisa tertular tetapi bisa sembuh sendiri dengan menjaga kebersihan dan kesehatan badan maupun lingkungan, dan hanya 2% saja yang tertular dan memerlukan pengobatan.

Contoh obat untuk kusta kering dan basah
Contoh obat untuk kusta kering dan basah

Pengobatan untuk kusta kering berlangsung selama 6 bulan dengan rajin mengkonsumsi obat selama 28 hari setiap bulannya. Sedangkan untuk kusta basah dilakukan selama 12 bulan. Tujuan dari pengobatan adalah memutuskan mata rantai penularan, menyembuhkan penderita, dan mencegah kecacatan baru atau menjadi lebih parahnya kecacatan yang telah ada. Keberhasilan pengobatan tergantung pada penemuan penyakit dan pengobatan secara dini, kepatuhan penderita untuk berobat secara teratur, dukungan keluarga dan masyarakat sekitar, serta keterampilan petugas dalam upaya pencegahan kecacatan
Dari  penjelasan tersebut ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi bahwa kusta bukan penyakit keturunan apalagi kutukan seperti anggapan masyarakat awam selama ini. Kusta tidak menular bila dilakukan pengobatan dan obat bisa didapat di Puskesmas terdekat tanpa dipungut biaya.

Photo2 lain :

Bpk. Haryono (39 th) salah satu pasien di RS. Kusta Sumberglagah yang diamputasi 10 Juni lalu.
Bpk. Haryono (39 th) salah satu pasien di RS. Kusta Sumberglagah yang diamputasi 10 Juni lalu.
Silaturahmi ke rumah penduduk Sumberglagah
Silaturahmi ke rumah penduduk Sumberglagah
Poto bersama pihak RS. Kusta Sumberglagah

Poto bersama pihak RS. Kusta Sumberglagah

About these ads

85 Responses to “KUSTA ADA OBATNYA”

  1. Anang July 15, 2009 at 8:24 am #

    pengalaman berharga dek.

    masih inget singkatan k.u.s.t.a ?

    • iephe July 16, 2009 at 2:55 am #

      Gak inget…

    • ciwir July 20, 2009 at 5:20 pm #

      Kau Usah nangiS, sebab itu hanya dusTA

      huahahaha

  2. olip July 15, 2009 at 9:50 am #

    wawww …. ngeri banget

    • dafhy July 16, 2009 at 2:48 am #

      semoga mereka tabah menjalani hidup inih ya

  3. edi petruk July 15, 2009 at 10:16 am #

    jaga terus kebersihan, agar kita terhindar dari penyakit kusta.

  4. arifudin July 15, 2009 at 11:31 am #

    pengalaman yang menarik :)

  5. jidat July 15, 2009 at 12:30 pm #

    ih waw… menarik bukk

    • iephe July 16, 2009 at 2:57 am #

      @yang di atas : ngeri memang, tapi karena sudah dapat pengantar jadi gak ngeri lagi. Yupz jaga kebersihan adalah pencegahan prima. Ciptakan Jawa Timur Bebas Kusta

  6. wahyoe July 16, 2009 at 5:37 am #

    aow aow aowwww…. :D

  7. Uang dari Blog July 16, 2009 at 6:02 am #

    alhamdulillah, semua penyakit pasti ada obatnya. :)

  8. joresan freedom July 16, 2009 at 7:22 am #

    mampir mbok dhe….comen balik yo….

  9. WANDI thok July 16, 2009 at 11:59 am #

    Mbak iephe Dokter/perawat kah? ato ? :roll: Salut buat infonya mbak.

    • iephe July 17, 2009 at 2:26 am #

      calon dokter keluarga pak…

  10. cah ndueso July 16, 2009 at 1:21 pm #

    kusta adalah panu dari bibit yang unggul

  11. maseta July 16, 2009 at 6:01 pm #

    wuih iya ih seyem….salam hangat dari blogger newbie jauh2 datang dari desa

  12. azaxs July 16, 2009 at 6:27 pm #

    Pengalaman dan pelajaran berharga..

    Suwun infone ukhti… semoga bermanfaat untuk semua

  13. Rusli Zainal sang Visioner July 17, 2009 at 6:36 am #

    astagfirullah, Pasuruan kan masuk kategori tertinggi ya. tapi keknya tempat sayah yang warna kuning de. soale itu bagian dataran tinggi pegunungan welirang. eh yang warna ijo kok engga ada keterangannta mBa?

  14. Anjlog July 19, 2009 at 11:56 am #

    komen ah

  15. Andy MSE July 19, 2009 at 11:57 am #

    Lama nggak ke sini, kangen juga nih!… Hai Iephe!!!…

  16. marsudiyanto July 19, 2009 at 2:08 pm #

    Dari postingannya Mas Andy MSE saya nyasar kesini, belajar tentang kusta

  17. Pencerah July 20, 2009 at 5:54 am #

    wah, baru tau ane

  18. bolosompil bisnis online July 20, 2009 at 11:20 am #

    pengalaman yang baik dan berharga bagi kita untuk terus menjaga kesehatan kita

  19. iwan setiawan July 21, 2009 at 7:00 am #

    wah infonya mantab sobat..jadi bertambah nih ilmu, ok sukses ya sobatku

  20. kanzun July 21, 2009 at 6:29 pm #

    good experience mbak!

  21. suryaden July 23, 2009 at 8:27 am #

    iya dan bukan penyakit keturunan serta azab kan…
    semua pasti ada obatnya kecuali belum ditemukan :lol:

  22. someone September 1, 2009 at 5:05 am #

    gimana deteksi dininya ya?
    klo sempat tinggal sekitar dua bulan sama penderita,
    berapa besar kemungkinan kena?

  23. dzy September 30, 2009 at 8:35 am #

    semua penyakit pasti ada obatnya….(alquran sudah menjelaskan…)

  24. widya October 15, 2009 at 3:38 am #

    perilakukan mereka sebagaimana umumnya jangan bedakan mereka. mungkin dengan begitu mereka lebih tabah.

  25. trias February 3, 2010 at 11:08 am #

    Mohon kasih masuKan karna saya mau penelitian ttg kusta buat Skripsi.Blm ada gambaran sama sekali.

  26. HADI ISNADI February 17, 2010 at 11:30 pm #

    Terima asih atas infonya dan Salut buat anda yang telah mengabdikan diri guna memberantas “penyakit zaman doeloe” semoga Allah senantiasa melimpahkan karunia-Nya aaamiiin

  27. Aisyah March 2, 2010 at 5:11 am #

    Assalamu’alaykum wr.wb.

    Beberapa bulan lalu suami sy periksa ke spesialis kulit, karena ada bercak2 merah di kakinya (sampai paha).
    Spesialis pertama mengatakan bahwa suami sy menderita kusta,
    namun spesialis kedua (lebih berpengalaman) mendiagnosa itu sbg alergi biasa.
    Memang, beberapa hari sebelumnya suami sy makan ikan laut. Herannya, setelah berhenti makan ikan laut, bercak memerah itu tidak hilang. Bahkan timbul bercak2 putih seperti panu di wajah dan punggungnya.
    Apakah itu termasuk kusta?

    Terima kasih,
    Wassalamu’alaykum wr.wb.

  28. ahus April 21, 2010 at 7:29 am #

    saya pernah sakit kusta 5tahun yg lalau ap bisa kambuh lg sekarang sering pegal2 d kaki dn tngan

    • tamtam November 13, 2013 at 3:34 am #

      apa obat nya..sehingga bisa sembuh..??

  29. angger2 September 7, 2010 at 1:42 pm #

    adakah suatu makanan atu apa yang harus di konsumsi dan apa yang harus di lakukan untuk mencegah kusta atau untuk mengatasi kusta sebelum parah??

  30. asix September 12, 2010 at 1:23 pm #

    tolongin q pnderita kusta,serius ne….

  31. Andre September 28, 2010 at 7:32 am #

    Mdh2n pnxkit q nich cpat smbuh y allah.

  32. ehm... October 16, 2010 at 8:48 am #

    sy slh satu penderita basah,alhamdulillah kata dokter baru sedikit dan blm sampe parah,syukurnya saya dapat dukungan dr kluarga sy,saya sedih jika sy mengingat hal ni,tp disisi positifnya saya senang,krn penyakit ni sudah sy ketahui sebelum parah.apa jadi’a jika sy tidak tau penyakit yg sy alami.terima kasih ya allah kau berikan kesadaran akan kebesaranmu.

  33. ehm... October 16, 2010 at 8:51 am #

    saya merahasiakan nama sy karna sy ga mw org tw.

  34. adriany kartika October 18, 2010 at 5:24 am #

    iih yaa allah, apakah mungkin sy kena penyakit kusta?? sy dpt obat dr dokter kulit sy, obat’a sprti yg wrna hijau.. haaahh klo iia kusta ada pada diri sy hrs kah sy menghilang dr dunia ini, jujur sy cape sm smua’a.. jujur sy tkut mnghadapi dunia untuk k’dpn’a.. sbntr lg sy lulus sma, lalu kuliah, dan adakah masa depan slanjut’a untuk sy?? :(

    • ipan April 15, 2011 at 3:00 am #

      jgn pts asa mba semua penyakit psti ada obat’y saya jga pnderta penyakit kusta tpi saya g pts asa saya trs berobat dan berdo’a supaya smbuh..

      • iephe May 13, 2011 at 8:43 am #

        oke, semangat selalu

  35. roni January 2, 2011 at 3:08 pm #

    obat kusta tersebut kok ssh dudapat, dimn sy hrs cari obat trsbt

    • maryam March 7, 2011 at 1:06 pm #

      sdr saya pnya pnykt mrp kusta.pi krluar luka & lukanya mengeluarkan darah & nanah yang baunya sangat tdk enak.pa tu cri2 kusta.jka iy bgmna pngbatanya7bagamana pnularanya?

    • iephe May 13, 2011 at 8:50 am #

      Datang ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, InsyaAllah ada pengarahan.

  36. Hisky January 18, 2011 at 6:02 am #

    aku punya penyakit kulit mirip2 kusta gitu,,tapi aku blm yakin kalu itu kusta… tolong jelasin ciri-ciri umum yang sering terjadi. karena aku punya hanya di bagian tepian hidung dan kening

    • iephe May 13, 2011 at 8:52 am #

      saya hanya tau sebatas apa yang saya tulis. Maaf. Saran saya, segera diperiksakan ke puskesmas terdekat atau langsung ke dokter kulit.

  37. wulan February 19, 2011 at 5:30 am #

    says:
    semoga yg mndrta atw mnglmi kusta cpat smbuh..
    Dan trus brusha srta smngat….

  38. ekawati March 20, 2011 at 11:32 am #

    sy udh periksa kedokter kulit & bercak yg ada dipipi positif kusta,dokter memberikan sy obt tp kekhwatiran sy sampai saat ini adalah sy sedang hamil 2 bulan apa obat yg sy minum tdk menimbulkan efek samping bagi anak sy yg dalam kandungan?mhon solusix

    • iephe May 13, 2011 at 9:25 am #

      langsung tanya ke dokternya saja mbak, saya kurang paham.

  39. dhani March 25, 2011 at 1:40 pm #

    stlah melakukan pengobatan itu ko klit ku mkin hitam apakah itu efek samping dri obat itu

    • iephe May 13, 2011 at 8:54 am #

      langsung periksa ke dokter saja.

  40. ipan April 15, 2011 at 2:54 am #

    penyakit kusta bisa di sembuhkan maka bagi para penderita penyakit kusta jgn lah pts asa untk berobat saya bicara seperti nie karna saya prnh mengalami / menderita kusta dan alhamdulilah sembuh ….

  41. gw May 22, 2011 at 2:09 pm #

    sy dl menderita kusta,dan mendapatkan pengobatan selama 2th,kulitku makin gosong,dan aq makin mengerikan krn mengkonsumsi obat kusta,aq sering bgt diejek sm orang2,miris hati aq,padahal aq blm sampe ada luka,skrg aq dah berhenti minum obat itu,krn katanya dah sembuh,tp knp ada kulitku yg masih mati rasa,benjolan2 dikulit jg msh keluar,gmn tu?

    • iephe October 27, 2011 at 8:14 am #

      setau saya ada obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sakit dengan kondisi lain tertentu. contoh: obat flu jenis ini tdk bisa dikonsumsi oleh penderita yg memiliki kelainan jantung. Mungkin semacam ini problem anda, lebih jelasnya tanyakan kepada dokter ahli.

    • gita sanubari November 13, 2012 at 11:36 pm #

      Warna obat dalam MDT (Multi Drugs Treatment) tersebut salah satunya adalah Klofazimin (warna coklat), efek samping Klofazimin adalah hyperpigmentasi pada kulit. Jika dikonsultasikan dengan dokter, harusnya bisa disubstitusi dengan obat lain seperti Etionamid dan Protionamid (namun tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatotoksik). Penderita kusta yang menjalani MDT sebisanya menghindari sinar matahari, karena sinar matahari akan memperparah hiperpigmentasi.

      Kusta sebetulnya jauh lebih ringan daripada diabetes, apalagi lupus, karena penderita diabetes dan lupus harus minum obat sepanjang hidup mereka, dan sering kali berujung kematian, Sedangkan kusta bahayanya tidak seberat diabetes, lupus, tbc, kanker, dan banyak penyakit elit lainnya. Hanya saja, ada stigma sangat miring tentang penderita kusta, dan menjadi beban psikologis bagi penderitanya.

      • milah August 21, 2013 at 3:32 pm #

        betul… dan saya salah satu istri dari penderita kusta…sangat menyakitkan bisikan tetangga,,,tapi semua itu tanggung jawab dan saya tetap akan mendukung suami saya,,,,,,

  42. ina May 28, 2011 at 6:35 am #

    apakah ada obat tradisional/makanan yang bisa cepat membantu pembunuhan kuman tsb ?
    Anak teman saya sudah hampir 1-1/2 tahun menjalani pengobatan dgn minum obat rutin kusta. tetapi penyakit tersebut masih belum hilang. Kemungkinan daya tahan tubuhnya yg kurang.

    Siapa tahu ada yg tahu obat tradisionalnya atau cara yg lebih cepat utk membunuh kumannya disamping meminum obatnya dgn rutin.

    • iephe October 27, 2011 at 8:15 am #

      untuk obat tradisional saya belum tahu mbak.

  43. travel haji plus June 16, 2011 at 6:44 am #

    Tulisan yg insya Allah bermanfaat buat teman-teman yg sedang diuji Tuhan dengan penyakit kusta ini. Sabar teman2, pasti ada hikmah dibalik ‘keadaan’ yg tidak mengenakan ini

  44. Semmy Ingin Tobat August 2, 2011 at 7:54 am #

    kami juga mau obatx

  45. om August 25, 2011 at 3:21 pm #

    Apa sie penyebab penbyakit kusta itu ??
    Akuy punya bercak2 putih di bagian kaki dan tangganku seperti panu.
    apakah itu gejala penyakit kusta ?

    • iephe October 27, 2011 at 8:17 am #

      penyebabnya seperti yang saya tuliskan di posting. untuk mengetahui jenis penyakit sejak dini, segera cek ke dokter ahli.

  46. om August 25, 2011 at 3:35 pm #

    Apa sie penyebab penyakit kusta itu ??
    Aku punya bercak2 putih di bagian kaki dan tangganku seperti panu.
    apakah itu gejala penyakit kusta ?
    satu lagi, apa bedanya penyakit kusta basah dan kering ?

  47. agoez September 17, 2011 at 2:09 am #

    saya mau bertanya,diwajah saya ada bercAK PUtih tapi tidak mati rasa. dibawah bibir dan agak keputihan di pipi,saya tidak tau ini apa, pertamanya gatal sih,saya kira panu tapi setelah saya beli obat panu koq ga mempan ?? apakah ini ciri2 kusta??? tolong pencerahannya kakak terimakasih

    • iephe October 27, 2011 at 8:20 am #

      menurut yang saya baca kalau gejala kusta itu tidak gatal pada bercaknya. mungkin itu hanya panu biasa, tapi lebih baik cek ke dokter ahli.

  48. haji September 29, 2011 at 12:31 pm #

    mudah2an teman2 yg sedang diuji Tuhan dengan penyakit ini diberikan kesembuhan dan kesabaran…

  49. Budi October 10, 2011 at 8:36 am #

    Ada yang tau gak cara pengobatan waktu merah merah pada saat pengobatan kusta? soalnya merah merah nya muncul silih berganti di tempat yang berbeda dan membuat menggigil

    • iephe October 27, 2011 at 8:21 am #

      segera minta pertolongan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

    • ahe November 1, 2011 at 5:16 am #

      mas budi merah merah yang muncul pada waktu pengobatan MDT itu adalah reaksi dari penyakit kusta, cepet minta dokter obat anti reaksi supaya tidak bertambah banyak.

  50. akoo cuman berharap adek akoo bsa sembuh dalam penyakit kusta inii ,,
    cz akoo gk mau khilangan adek xg paliing akoo sayangii selama ini ,,

    tuhan akoo tunduk dan memohon kpada engkau ,, tolong dengarlah doa hambamu ini ,, akoo mohon kpada engkau ,, agar adek ako di beri kselamatan dan umur xg amat panjang alloh ..

    akoo sangat dan sangat memohon kpada engkau ya ALLOH

  51. Gardina Ical February 11, 2012 at 6:15 am #

    Siang….
    Mohon Kiranya untuk diberikan Informasi mengenai penyakit Kusta,
    Istri saya 20 thn, skrg lagi menyusuin bayi baru berumur 3 bulan. istri saya sdh periksa di rs hasan sadikin bandung, dinyatakan positiv Kusta dengan tanda2 plek2 merah lebih dari 10 tanda nya.
    yang saya tanyakan apakah efeksanping nya terhadap anak saya dan saya ( tertularkah?) sdh 2 bln jalan istri sya berobat dan diberikan obat trapi yg warna coklat, sya mohon petunjuk nya. terima kasih.

  52. ayok February 19, 2012 at 3:25 am #

    teman – teman sy pny troubel tentang penyakit kusta, di rumah aku mungkin ada yang menderita penyakit itu supaya penyakit itu tidak menular ke anak2 kecil gmn caranya ya…..trus pengobatannya bisa di beli secara umum tidak ya…..????

  53. alihusen February 29, 2012 at 2:55 am #

    apakah obat kusta tersedia di semua puskkesmas d indonesia,,,,?

  54. Zejen X Zeryasuke March 18, 2012 at 12:57 pm #

    saya sudah tigs tahun blum mengenali

  55. wayan April 7, 2012 at 5:46 pm #

    sdra sy skrg sdang dlm pengobatan.
    apakah setelah pengobatan medis, baterinya akan mati…? adakah pengobatan tradisional \ herbal yg dapat membunuh bakteri mycobakterium leprae ?

  56. Joe_Arsitek May 19, 2012 at 3:41 pm #

    Apa benar penderita kusta diharuskan untuk menahan diri dari melakukan hubungan seks? Trus yang punya informasi obat herbal tradisional dari penyakit kusta ini?

  57. mett June 5, 2012 at 4:18 am #

    q baru gejala bercak di bagian lekukan siku tangan kiri…pernah kuperiksa kedokter, dan mengatakan klu itu emang ia gejala….namun tidak ada penyakit didunia ini yg tidak bisa disembauhkan….asalkan telaten minum obat yang telah diberikan oleh dokter…pasti sembuh…jagalah kebersihan lingkungan….dengan berobat, penularan diminimalisir…

  58. chokyy July 19, 2012 at 6:08 am #

    tetep semangatttt

  59. destiny October 15, 2012 at 2:37 pm #

    sodara sy ada yg kena penyakit itu, kira2 di puskes adakah obt ïtu

  60. gita sanubari November 13, 2012 at 11:26 pm #

    sepertinya istilah untuk kusta basah dan keringnya terbalik.
    Pausibassilar itu kusta kering, sedangkan Multibassiler itu kusta basah.

  61. retailgloobal December 25, 2012 at 6:48 am #

    sodara saya terkena penyakit kusta,sekarang dalam masa pengobatan dari puskesmas,tapi ahir2 ini sodara saya sering menggeluh katanya sendi2nnya sering sakit, apakah itu efek dari obat kusta atau adanya penyakit lain yaa mbaa.
    saat ini pengobatannya baru 19 hari .saya mohon infomasinya mbaa.

  62. azis April 23, 2013 at 6:09 pm #

    Maaf saya merasakan gejala seperti yg di tuliskan disana.. malah saya yakin ini adalah kusta apa yang harus saya lakukan.. sudah 3thn saya merasakan gejala ini cuma sya anggap remeh tolong bantuan’a harus kemana saya berobat.. dan bagaimana cara saya mendapatkan obat saya tinggal dibekasi.. mohon bantuan’a.. (021)88362874

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: