Diary Jambi 3

29 Jun

Setelah melewati berbagai macam kegiatan akhirnya tibalah kami di penghujung hari perkemahan.Berbagai macam bentuk upacara,materi ruangan, materi lapangan, bakti fisik, wisata, giat prestasi sampai giat pribadi telah bisa kami lalui tanpa halangan.
Pada malam ke dua teakhir adalah jadwal kontingen STAIN Ponorogo untuk pentas di panggung malam seni budaya. Tentang apa yang kami pentaskan pasti semua sudah tau…
Tari warok, jatilan, dan Pujangga Anom, (kok gak ada dadak meraknya? terlalu berat) tapi meski tidak ada dadak merak tetap tidak menyurutkan antusias penonton yang ternyata sudah mananti-nanti penampilan kesenian khas Ponorogo.

Malam pentas seni budaya nusantara
Malam pentas seni budaya nusantara

Keesokan harinya adalah acara karnaval Nusantara. Jika karnaval yang sering kita lihat adalah orang jawa didandani Aceh, Sumatra Barat, Gorontalo, Papua, dll. Maka di karnaval kali ini kami bisa melihat orang asli dengan dandanan khas daerah masing-masing.

Barisan Karnaval Nusantara
Barisan Karnaval Nusantara
Iephe bareng busana (JFC) Jember Festival Carnaval
Iephe bareng busana (JFC) Jember Festival Carnaval

Lelah seusai karnaval tidak menjadi masalah bagi jiwa-jiwa pramuka, malam terakhir yang syarat dengan api unggun pun tak kami lewatkan begitu saja. Api kebesaran, keagungan, kehangatan, dan semangat dalam kebersamaan.
Pada hari terakhir sebelum upacara penutupan adalah saatnya untuk saling bertukar kenang-kenangan dengan kontingen lain. Hm… sambil bernarsis-narsis ria, memanfaatkan sisa waktu bersama.

Saling Bertukar Kenang-kenangan
Saling Bertukar Kenang-kenangan
Banyak yang ngefan sama topengnya tuh...
Banyak yang ngefan sama topengnya tuh…
Suasa Closing Ceremony
Suasana Closing Ceremony
Pembagian Piala Kejuaraan Lomba Giat Prestasi
Pembagian Piala Kejuaraan Lomba Giat Prestasi

Setelah upacara penutupan selesai sekitar pukul 12 siang (Rabu 17 Juni 2009) kami meninggalkan Bumi Perkemahan Raudlah al-Thalabah IAIN STS Jambi. Rasa sedih karena harus berpisah dengan kakak-kakak seNusantara bercampur dengan bahagia karena telah bisa melewatkan seluruh kegiatan dengan baik dan membawa sebuah piala terbaik ketiga kategori kelengkapan administrasi. Ya lumayan.. bias jadi empasis ketika berpoto, hehe…

Iephe dan ketiga sahabat ketika menyeberang Bakawheni- Merak
Iephe dan ketiga sahabat ketika menyeberang Bakawheni- Merak
Pemandangan laut yang indah
Pemandangan laut yang indah
Di Sanggar satu hari setelah pulang dari Jambi melaksanakan selamatan Jenang Sumsum yang dipercaya bisa mengembalikan kondisi badan yang lelah seusai kegiatan
Di Sanggar satu hari setelah pulang dari Jambi melaksanakan selamatan Jenang Sumsum yang dipercaya bisa mengembalikan kondisi badan yang lelah seusai kegiatan

Ini merupakan postingan terakhir tentang kisah perjalanan kami selama di Jambi. Dari pribadi banyak sekali hal-hal yang berkesan dari perkemahan ini. Jika ada kalangan yang masih beranggapan bahwa pramuka hanyalah sekedar bermainan, bernyanyi, dan bertepuk tangan maka melalui kegiatan ini saya bisa menunjukkan fakta besar bahwa pramuka juga berprestasi, kreatif, peduli alam, sosial, dan tentunya mendidik seseorang untuk disiplin dan mandiri. Selain itu dalam kegiatan ini pramuka juga berperan dalam usaha pengenalan kebudayaan bangsa yang dibawa oleh masing-masing kontingen dari daerahnya. Dan di luar dapi pembahasan kepramukaan di sana saya bisa benar-benar merasakan bagaimana bersinggungan dengan berbagai macam ras, budaya, dan bahasa yang semakin membuat bangga hati menjadi bagian dari Indonesia yang kaya akan budaya. Di sana kami dipertemukan dan disatukan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

16 Responses to “Diary Jambi 3”

  1. suryaden June 29, 2009 at 3:55 pm #

    meriah sekali, tapi keliahatannya melelahkan pula…😀

  2. Anang June 29, 2009 at 8:41 pm #

    Disiplin? sek sek.. Hm hehe..

  3. olip June 30, 2009 at 1:42 am #

    salam pramuka

  4. galuharya June 30, 2009 at 3:42 am #

    salut

    berpramuka sekaligus memperkenalkan kesenian ponorogo

    sip-sip

    btw,pengen jenag sumsum e aku🙂

  5. ajengkol June 30, 2009 at 4:00 am #

    Wow pramuka memang membentuk persaudaraan yang kuat .. tetap semangat yah

  6. nietha June 30, 2009 at 4:33 am #

    acaranya seru yaks…

  7. jidat June 30, 2009 at 5:01 am #

    wah keren kieh.. manatpz… asik yo mbak? tapi jajane aku gak oleh?

  8. azaxs June 30, 2009 at 6:43 am #

    Siip!

  9. arifudin June 30, 2009 at 9:12 am #

    melu sip aku😆

  10. edi petruk June 30, 2009 at 9:38 am #

    salam pramuka,,,,!
    selamat ats pialanya, indonesia memang berbhineka tunggal ika.

  11. bolosompil July 1, 2009 at 12:13 pm #

    wah..asyik juga nih jadi duta wisata ponorogo…dalam jambore pramuka di jambi……semoga acara sukses dan berhasil

  12. Essential Boutique July 4, 2009 at 1:22 am #

    visiting

  13. cah ndeso July 4, 2009 at 4:16 pm #

    ganongane kudu nguyoh

  14. akang zhitoer July 11, 2009 at 3:05 am #

    mbak iephe, pean ikut nari jathil po nari ganongan?

  15. afreda July 15, 2009 at 4:34 am #

    wah..tamasya terus..hmm

  16. Taufiq December 8, 2009 at 2:14 pm #

    hai kak…………….apa kabar
    ane anggota pramuka STAIN Batusangkar
    salam pramuka…………….!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: