Ponorogo Selayang Pandang

22 Dec

reog-ponorogo

Mangulon nuruti lakon…
Temen tuwin alon,
Cidro ora dadi rasa…
Adoh saka rumangsa…
Ninggal tresna,
Garing ing tiga dawa,,,

Ketika waktu memaksa kaki ini untuk melangkah dan setelah melewati berbagai macam pilihan dan pertimbangan akhirnya sekitar 17 bulan yang lalu saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Kota Ponorogo. Salah satu kota tetangga yang terkenal dengan kesenian reyognya.
Berangkat dari itu sekararang saya telah banyak mengetahui bahwa kota kedua yang menjadi pilihan tempat tinggal saya ini memilki berbagai macam potensi dan keunikan yang pantas untuk dikembangkan dan dilestarikan.

>>>Ponorogo Selayang Pandang (Ponorogo at Glance)

locator_kabupaten_ponorogo

Ponorogo terletak di sebelah barat daya Surabaya Ibu kota Propinsi Jawa Timur. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek. Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pacitan, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pacitan dan Wonogiri, sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Madiun, Magetan, dan Nganjuk. Kabupaten Ponorogo mempunyai luas wilayah 1.371,78 km2 yang terletak antara 111º 17’ – 111º 52’ Bujur Timur dan 7º 49’ – 8º 20’ Lintang Selatan dengan ketinggian antara 92 sampai dengan 2.563 meter di atas permukaan laut. Wilayah administratif Kabupaten Ponorogo terbagi menjadi 21 Kecamatan dan 303 Kelurahan/Desa. Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo tersebut adalah Kecamatan Ngrayun, Kecamatan Slahung, Kecamatan Bungkal, Kecamatan Sambit, Kecamatan Sawoo, Kecamatan Sooko, Kecamatan Pudak, Kecamatan Pulung, Kecamatan Mlarak, Kecamatan Siman, Kecamatan Jetis, Kecamatan Balong, Kecamatan Kauman, Kecamatan Jambon, Kecamatan Badegan, Kecamatan Sampung, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Ponorogo, Kecamatan Babadan, Kecamatan Jenangan, dan Kecamatan Ngebel. Di samping terkenal karena kesenian Reyog dan pondok pesantrennya Ponorogo juga terkenal sebagai Kabupaten yang memilki bernagai macam objek wisata dan makanan tradisional. Dan yang tidak kalah bergengsi adalah terselenggaranya event Grebeg Suro berskala nasional yang digelar setiap tahunnya dalam rangka menyongsong tahun baru Hijriyah yang datangnya bersamaan dengan tahun baru jawa atau sering disebut 1 Suro.

>>>Grebeg Suro as Traditional Ceremony

Perayaan Grebeg suro tahun ini sedikit berbeda, jika tahun sebelumnya hanya digelar satu kali dalam satu tahun maka berbeda dengan tahun ini yang digelar dua kali dalam satu tahun, yaitu awal dan akhir tahun 2008. Hal ini disebabkan karena pergeseran kalender Hijriyah sehingga terdapat dua kali tahun baru Hijriyah dalam kalender 2008.
Pada tahun ini Grebeg Suro akan dibuka pada hari Rabu, 23 Desember dan bertempat di panggung utama Alon-alon Ponorogo. Namun sebelumnya juga telah digelar serangkaian acara seperti Khatmil Qur’an, Istighasah, Pemilihan Kakang Senduk 2008, serta berbagai macam lomba yang di dalamnya banyak melibatkan masyarakat.
Setelah Grebeg Suro dibuka maka acara selanjutnya adalah Festival Reyog Nasional yang pada tahun ini dilaksanakan pada 24-27 Desember . Acara yang satu ini merupakan acara yang paling ramai karena diikuti oleh penari-penari Reyog Nusantara yang berlomba-berlomba menunjukkan kelebihan masing-masing.
Kemudian menjelang satu suro biasanya dilaksanakan kirab pusaka yang dimulai dari makam Batoro Kathong (terletak di Desa Setono, sekitar Timur Pasar Pon yang merupakan kota lama) menuju ke Pendopo Kabupaten Ponorogo (Kota Baru). Setelah acara kirab selesai kemudian malam harinya (malam 1 suro) masyarakat Ponorogo memiliki kebiasaan tidak tidur sampai pagi atau biasa disebut dengan melekan. Berbagai macam kegiatan dari masyarakat Ponorogo tampak di malam ini, ada yang menggelar musik parkir, jalan-jalan, sibuk menjual makanan, dan beraneka macam kegiatan lainnya.

Pada malam ini juga acara Grebeg Suro sampai pada acara penutupan dengan menampilkan berbagai macam hiburan rakyat, sehingga lapangan Alon-alon pun dipenuhi penonton yang begitu antusias. Meski acara Grebeg Suro telah ditutup, namun keesokan harinya masih ada acara yang tidak kalah menarik dan sayang sekali luntuk dilewatkan yaitu Larung Risalah Do’a yang dilaksanakan di Telaga Ngebel yang merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Ponorogo.

arak21kirab1

festival reyoglarung

>>>Objek Wisata (Tourist Resort)

Seperti yang sudah saya singgung sdebelumnya bahwa Ponorogo juga memiliki tempat- tempat wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikinjungi, antara lain :

telaga-ngebelAir Terjun Pletuk

Kolam renang Tirto Menggolo

Taman Wisata Ngembag

>>>Makanan Khas Ponorogo (Traditional Foods Ponorogo)

Dan Ponorogo juga memiliki ragam kuliner yang rasanya tidak kalah dengan makanan-makanan jaman sekarang seperti :

Dawet jabungJenang dodol

sate ayam ponorogopecel ponorogo

Selain itu Ponorogo masih memiliki berbagai macam potensi yang dapat dikembangkan dan perlu mendapat perhatian dari pemerintah setempat.
Mari kita kembangkan segala macam potensi yang ada di Ponorogo untuk menuju Ponorogo Mukti Wibowo.

Sumber Kutipan :
id wikipedia, kotareyog, east java,change we need, indosiar, kodratkuniawan, jago makan, santoso, sparkling surabaya, dan Dinas Pariwisata Ponorogo.

24 Responses to “Ponorogo Selayang Pandang”

  1. denologis December 22, 2008 at 12:28 pm #

    komentar ini juga sedang dalam proses😀

    ah bisa ajah…

  2. arifudin December 22, 2008 at 5:37 pm #

    sama deno ajah😆

  3. suwung December 23, 2008 at 1:45 pm #

    karena grebeg suro jadi lahan parkir banyak yang jadi punya penghasilan

    yah… bener banget tuh…🙂

  4. JAUHDIMATA December 23, 2008 at 6:02 pm #

    Ponorogo Mukti Wibowo?
    mbah saya bernama Imam Mukti Wibowo.
    hehehe…

    hehe… brarti mbahnya gemah, mripah, lohjinawi…

  5. cheluz December 25, 2008 at 12:54 am #

    Salam kenal. Beda daerah beda budaya atau tradisi. Boleh tukeran link

    Indonesia memang beragam

  6. gembos December 27, 2008 at 12:52 pm #

    foto foto kamu stailnya cantik. ky orang nyaaaa aja. pe mampir ke http://pmiimadiun.co.cc
    jolali yyooooo

    wah jadi GR, segera meluncur…😆

  7. gembos December 27, 2008 at 12:54 pm #

    oiyoooo jare ngebel infone dah dijual ke orang asing tu gmana?

    kenapa saya belum mendengarnya… ?

  8. gajah_pesing December 30, 2008 at 12:56 pm #

    maaf untuk grebek suro saia belum isa datang

    gpp pak… yang penting jangan lupakan kita2…😦

  9. Wongbagoes December 31, 2008 at 3:14 am #

    Fotonya menggoda… ayo ndawet iephe….😆

    belum sempet ndawet, kok dah balik ke Bogor, yo po seh…?🙂

  10. unting January 1, 2009 at 4:58 am #

    9| Wongbagoes “Fotonya menggoda… ayo ndawet iephe…. ”

    kurang mesra kih… ihk ihik

    alah jo nambahi ngenes..😦

  11. ciwir January 4, 2009 at 8:26 am #

    ke ponorogo, paling seneng makan sate ponorogo pak bagong (arah madiun) atau di ngepos…

    ke sini ajah, ntar tak beliin,,,😉

  12. Beja Kemayangan January 5, 2009 at 4:23 am #

    Beja telah berkunjung kesini, krn abis baca comment di azka..Beja tidak seburuk yang dikira asal comment. Wacana yang diberikan bersifat universal, dimana orang bisa memahami dengan daya nalarnya masing-masing dan berbeda-beda bebas dr mana memandang. Mohon Dimaklumi, kalau meninggalkan comment disini..

    duh jadi gak enak,,, af1 yah…😉

  13. rosimanis January 5, 2009 at 1:30 pm #

    akyu pengen dawet jabung………………………..tapi disemayani teyus……😦

  14. rosimanis January 5, 2009 at 1:59 pm #

    mana ngajaknya iphe ajah……yang lain ga di ajak….😦

  15. rosimanis January 5, 2009 at 2:00 pm #

    akyu…..pengen……………………… hiks…hiks…..hua….

    helleh… gitu ajah kok iri…🙂

  16. unting January 18, 2009 at 6:03 am #

    weh weh…

  17. hastoe January 20, 2009 at 8:33 pm #

    hoalah…

  18. mie2nk January 24, 2009 at 5:12 pm #

    wah, jadi pengen neh ikut grebeg SURO….

    kapan ya bisa ksana??? *berharap*

  19. Andy MSE January 25, 2009 at 4:04 am #

    (doh) saia ketinggalan acara ya?
    *jadi pengin ke ponorogo neh*

  20. Dias January 25, 2009 at 5:33 am #

    wah…jajannya enak tu kaya’nya….

  21. Anang February 1, 2009 at 5:31 am #

    hidup trenggalek!

  22. Anton February 1, 2009 at 10:55 am #

    Salam Kenal
    Wah aku pingin lihat grebek suro di ponorogo tapi belum juka terlaksana…kapan ya ?

  23. Frenavit Putra February 3, 2009 at 12:00 am #

    Alhamdulillah Kemarin da sempet mampir…. Hok Ya…. hehehe….

  24. Fikka December 18, 2009 at 1:53 am #

    Setelah lihat smuani au tern9at dlu kl wkt mlm pmbkaan suro k’alon2 lht kmbn9 api ma tmn2 rme bn9t tyus p9na k’n9bel lht larun9an huft jd in9t kota trcinta au

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: